MOTOR BENSIN
tahun 1876 seorang insinyur bernama nicolas august oto merancang sebuah motor bakar internal yang mlakukan langkah sebanyak 4 kali untuk menyelesaikan 1 siklus dan menghaasilkan 1 usaha. dia bekerja sama dengan perusahaan yang lokasinya di dekat colongne di jerman dan mereka berhasil melakukan usaha dan menjual motor buatan mereka ke seluruh dunia dengan sangat berhasil. pada tahun berikutnya ada insinyur bernama godley timler bekerja sama dengan perushaan derts yang juga mengembangkan motor yang diciptakan oleh otto. motor yang diciptakan oleh otto adaalah menggunakan bahan bakar gas, kemudian dikembangkan oleh theimler yang menggunakan abahan bakar cair. Sekarang lebih banyak yang menggunakan bahan bakar cair. oleh karena itu muncul sekarang motor bensin. salah satunya adalah motor bensin 4 langkah.
perbedaan motor 4 tak dan motor 2 tak
motor 2 tak mengeluarkan asap dari knalpot banyak sedangkan pada motor 4 tak asap yang kluar relatif sedikit dan bersih. Penyebab banyaknya asap pada motor 2 tak adalah karena bahan bakar nya dicampur dengan oli atau disebut oli samping. Pada motor 4 tak, tidak perlu mencampur bahan bakar dengan oli, jadi yang dipakai adalah bahan bakar murni.
Pada silinder 2 tak terdapat lubang pembilasan, sedangkan pada silinder motor 4 tak tidak terdapat lubang pembilasan
. pada motor 2 tak tidak mempunyai katup, sedangkan pada motor 4 tak mempunyai katup yaitu katup masuk dan katup buang. torak, silinder block dan tutup silinder tidak ada perbedaan.
cara kerja motor 2 tak
pada waktu torak bergerak dari TMB atau titik mati bawah menuju TMA atau titik mati atas, ruang engkol membessar sehingga terjadi kevakuman,akibatnya bahan bakar baru yang berupa campuran bensin, oli, dan udara terhisap masuk kedalam ruang engkol melalui saluran masuk yang terbuka. torak bergerak terus menuju titik mati atas sehingga bahan bakar di ruang bakar terkompresi karena baik saluran masuk maupun saluran buang tertutup rapat oleh piston. Kira-kira 10 derajat sebelum piston mencapai TMA busi memercikan bnga api sehingga terjadi ledakan yang diakibatkan olwh pembakaran. torak terdorong dari TMA menuju TMB. akibat ledakan tadi, torak bergerak terus terdorong menuju ke TMB sehingga saluran buang terbuka dan gas sisa pembakaran keluar ke udara bebas melalui knalpot. torak terus bergerak menuju titik mati bawah sehingga bahan bakar baru masuk melalui saluran bilas yang sudah terbuka. sirkulasi ini terus berulang-ulang.
cara kerja motor 4tak
mesin melakukan lagkah hisap. torak bergerak dari TMA ke TMB. katup buang tertutup sedangkan katup masuk terbuka. bahan bakar bensin hyang bercampur udara dari karburator terhisap kedalam silinder melalui katup masuk. langkah kompresi. torak bergerak dari TMB ke TMA. kedua katup tertutup sehingga bahan bakar yanhg dihisap tadi tidak bisa keluar pada waktu ditekan ke ruang bakar oleh torak akibatnya tekanan naik. beberapa saat sebelum piston mencapai TMA busi mmercikkan bunga api sehigga bahan bakar yang mencapai tekannan tinggi tadi terbakar. langkah usaha.bahan bakar hyang terbakar menimbulkan tekanan tinggi dan mendorong torak dari TMA turun ke TMB menggerakkan poros engkol. gerakan ini diubah oleh poros engkol menjadi gerak berputar dan kemudian diteruskan ke roda. selama proses ini kedua katup tertutup. langkah buang. gerak berputar poros engkol mendorong torak dari TMB ke TMa pada saat bersamaan katup buang terbuka. sehingga gas buang hasil pembakaran keluar melalui katup buang ke udara bebas. setelah itu motor kembali melakukan langkah-langkah tadi dan berlangsung terus menerus sehingga motor hidup terus.
mesin 2 tak untuk 1 kali proses pembakaran memerlukan 1 kali putaran poros engkol atau 2 gerakan torak sedangkan mesin 4tak untuk satu kali proses usaha memerlukan 2 kali putaran poros engkol atau 4kali gerakan torak.
No comments:
Post a Comment